3 CARA SCREENSHOT LAPTOP di Windows 7 - 10 Semua Merk

Inilah cara screenshot laptop di Windows 7, 8, 10 yang mampu digunakan untuk semua merek laptop mulai dari Lenovo, HP, Asus, Dell, Samsung, dll. Bagaimana cara mengambil foto layar di komputer atau laptop? pengen tau, yuk mari kita ulas dalam panduan ketika ini.

Untuk mengambil sebuah tampilan layar laptop yang biasanya digunakan untuk memberi tau kepada seseorang ihwal sesuatu. Misalnya gambar, video, social media, web atau tampilan yang harus Anda kirim melalui email / Facebook, bahkan lewat WhatsApp web.

Saya akan menawarkan 3 pilihan cara screenshot laptop dengan OS Windows versi 7 hingga 10 jikalau Anda masih belum tau. Karena disini aku akan banyak sekali dengan menggunakan aplikasi screenshot laptop dan tanpa aplikasi (hanya pakai tombol keyboard).

Sebagai seorang blogger atau yang suka berselancar di internet cara ini mudah saja dan tentunya sudah banyak yang tau. Tapi untuk sobat kita yang belum tau gimana cara screenshot di laptop pastinya sempet bikin pusing, wajar saja namanya juga belum mengerti ya kan?
Seperti biasanya beberapa artikel dari panduan yang telah aku buat akan memakai beberapa metode. Karena bagi sebagian orang ada yang menyukai cara praktis dan lainnya suka agak ribet namun alhasil bagus. Dengan kasus ini untuk mengambil screenshot layar laptop, Anda tidak perlu instal software yang gede.

Dan bergotong-royong dari jadwal Windows sendiri sudah menyediakan software atau driver pembaca tombol keyboard khusunya untuk screenshot layar laptop dan komputer. Kalau di Mac OS mungkin lain lagi cara screenshot-nya, soalnya belum punya perangkat ini.

3 Cara Screenshot Laptop di Windows 7-10 Semua Merk


Cara Screenshot Laptop dengan Tombol PRT SC


Sebagai cara screenshot laptop yang pertama, Anda tidak perlu instal aplikasi perhiasan apapun sebab ini hanya menggunakan tombol keyboard PRT SC atau kepanjangan dari print screen. Coba ikuti.!

1. Pastikan laptop Anda sudah nyala.
2. Lalu masuk ke tampilan layar komputer atau laptop yang akan dijadikan obyek gambar untuk di ambil. Sebagai pola saja aku akan screenshot laptop Asus dengan Win 8.1 pakai gambar blog ini.
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc

3. Tekan tombol prt sc, cari dulu tombolnya di laptop Anda dari deretan ketiga ke kiri dihitung dari tombol delete untuk Asus, kalau merek lainnya sesuaikan saja.
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc
4. Kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi jadwal "Paint" melalui Start Windows (logo win) > All programs > Windows Accessories > Paint.
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc
5. Setelah Paint terbuka tekan tombol CTRL + V (Paste).
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc
6. Dengan langkah itu kita sudah memindahkan tampilan gambar layar laptop ke jadwal Paint, tidak berhenti di Paint saja Anda juga mampu menggunakan Photoshop, CorelDraw, Adobe Ilustrator dll. Setelah gambar sudah berada di Paint tekan tombol "Crop"
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc
7. Terakhir tekan CTRL + S untuk menyimpan gambar hasil screenshot layar laptop Anda, arahkan ke alamat penyimpanan ke dalam HardDrive  D, E, atau lainnya.
cara screenshot laptop dengan tombol prt sc

Cara Screenshot Laptop dengan Aplikasi LIGHTSHOT


Setelah ikuti cara diatas Anda boleh mencoba dengan cara screenshot laptop yang kedua menggunakan aplikasi LigthShot yang harus di install dulu.

1. Unduh aplikasi screenshot untuk komputer dengan sistem Windows dari tautan: Lightshot
cara screenshot laptop dengan lightshot

2. Setelah selesai segera install Lightshot di laptop Anda.
cara screenshot laptop dengan lightshot
 3. Kalau selesai, akan muncul ikon bulu berwarna ungu di taskbar Windows berarti itu membuktikan sudah aktif. lihat gambar di bawah!
cara screenshot laptop dengan lightshot
3. Lanjutkan untuk tekan PRT SC lalu croping gambar (potong) sesuai ukuran yang diharapkan. Klik tombol "Save" setelah selesai memotong gambar atau foto. Dari sini kita juga mampu tambahin tulisan, kasih tanda panah, memberi tanda kotak dll.
cara screenshot laptop dengan lightshot
5. Terus tentukan dimana letak drive penyimpanan file gambar tersebut. Edit nama file biar tidak resah mencari lalu klik "Save". Selesai..!
cara screenshot laptop dengan lightshot
Catatan: kelebihan dari aplikasi Lightshot ialah tak perlu membuka jadwal bantuan untuk memindakan data untuk simpan file hasil screenshot. Pengguna juga dapat dengan cara cepat mengupload file ke Lightshot lalu share ke social media dan lainnya.

Cara Screenshot Laptop dengan Aplikasi SHAREit


Sebenarnya cara screenshot laptop yang ketiga ini merupakan aplikasi bawaan Laptop Lenovo. Yup, dengan SHAREit kita akan gunakan untuk menangkap tampilan layar laptop / PC yang mampu eksklusif di kirim ke Hp Android jikalau sudah tersambung, menyerupai pola ini!

1. Instal SHAREit terbaru di laptop unduh dulu dari situs reseminya di tautan: SHAREit
cara instal shareit di laptop windows

2. Kalau sudah selesai segera instal, sesuaikan saja langkah-langkahnya tinggal next-next saja.
3. Lalu setelah itu ikuti cara menyambungkan SHAREit dari laptop ke hp Android. Saya pastikan Anda sudah pasang Shareit juga di Android.
4. Saya pastikan Anda sudah mampu konekkan perangkat Android dan laptop dengan Shareit. Lalu setelah Shareit sudah terbuka di laptop lalu klik tombol "Screenshot". perhatikan gambar!
5. Kemudian pilih area gambar pada laptop dengan cara cropping .
cara screenshot laptop

6. Nah dengan begitu file gambar akan mengirim secara otomatis ke hape Android lewat aplikasi Shareit.
7. Selesai, file yang sudah terkirim siap di bagikan ke teman, guru, dosen atau partner kerja dll.

Sampai disini dulu panduan untuk cara screenshoot laptop di Windows 7, 8, atau Win 10 yang mampu digunakan untuk semua brand laptop. Semoga dengan cara mudah tersebut kalian sudah terbantu dan tak resah lagi. kalau teman-teman yang lain masih belum tau share ke mereka ya..!    

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Membuat Akun Online - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger