Cara Membuat Email Baru Di Hp Android dan Tips Daftar Gmail

Bagaimana cara membuat email gres di hp Android, pertanyaan ini yang banyak terlontar bagi pemilik handphone Android baru. Apalagi untuk sahabat yang awalnya pegang hp dengan OS Symbian, Blackberry, Windows, iOS atau OS lain selain Android yang gres saja beralih.

Sebenarnya, langkah membuat email gres ini sudah banyak bertebaran di blog tutorial yang lain, namun saya akan menjelaskan kepada sahabat dengan penyampaian yang beda dengan tips daftar Gmail yang saya uraikan di bab bawah.

Panduan ini saya jelaskan disertai gambar semoga lebih simpel dan mudah dipahami apapun merk hp Android sahabat mulai dari Samsung, Oppo, Lenovo, Asus, Andromax Smartfren, Xiaomi, Advan dll.

Jika hape Android sahabat Samsung Galaxy coba lihat panduan dengan sreenshot untuk buat akun Google gres brand tersebut.

Namun biasanya yang membedakan hanya pada langkah awal saja, hal ini mampu diubahsuaikan atau pilih tautan alternatif yang saya sediakan sehingga akan pribadi diarahkan ke kolom buat Gmail lewat hp Anda.

Fungsi email Gmail pada Smartphone Android


Sebelum memulai membuat akun Gmail baru, sahabat setidaknya memahami dulu apa fungsi email Gmail pada Android yang biasanya disebut sebagai Akun Google.
cara membuat email di google

Kenapa akun email Gmail ini sangat penting pada Android? kok bukan email lain menyerupai ; email Yahoo, email Hotmail atau layanan akun email gratis lain.

Email Gmail tersebut memiliki kegunaan untuk masuk ( login ) Play Store dan aplikasi Google lainnya. Karena hape Android gres sahabat belum terinstal aplikasi lain selain aplikasi bawaan baik app social media atau game favorit. Maka untuk download-nya harus melalui Play Store ( sebuah toko aplikasi di Android ).

Baca artikel ini kalau sahabat masih belum paham cara membuat akun Google Playstore atau sinkronisasi yang mampu dilakukan setelah proses pendaftaran Gmail.

Sinkronisasi Masuk ke Semua Produk Google


Akun Gmail mempunyai kelebihan dengan akun email yang lain. Satu akun Gmail memiliki kegunaan untuk jalan masuk ke produk-produk Google yang lainnya. Artinya ketika sahabat sudah memiliki satu akun email Gmail, nantinya mampu digunakan untuk sinkronisasi ( pengaitan ) ke semua produk Google menyerupai Youtube, Google Drive, Google +, Google Maps dll.

Contoh : Saat kita ingin membuat akun COC gres pastinya harus men-download game COC terlebih dahulu kan. Lalu bagaimana kalau kita belum memiliki akun Gmail? pasti tidak mampu login Playstore dan tentunya tidak dapat sinkron akun COC ke Google Plus serta Google Game.

Langkah Mendaftar Email di Gmail lewat Hp Android


Langsung saja kalau sudah paham perihal Gmail pada uraian di atas. Simak dan praktekkan cara daftar email baru di hp Android berikut. Dengan catatan hape sahabat sudah terkoneksi dengan jaringan wifi internet, atau sudah mempunyai paket internet kartu Simpati, XL, Smartfren atau provider lain :

1. Langkah awal untuk buat akun Gmail lewat hp, sahabat mampu masuk:

  • Setting / Pengaturan / Setelan (cari di menu utama Android)
  • Cari pada bab Akun dengan menggeser layar ke atas.
cara-membuat-email-gmail-baru-di-hp-android
  • Masuk atau sentuh Akun lain

2. Selanjutnya sahabat diarahkan pada beberapa pilihan akun yang akan ditambahkan

  • Klik Tambah
contoh alamat gmail

3. Langkah berikutnya pilih icon Google

  • Masuk disitu, perhatikan gambar
cara-membuat-email-baru-di-hp-android-xiaomi

Alternatif: Bila masih resah tidak menemukan dengan cara di atas lebih cepatnya masuk ke https://accounts.google.com/SignUp. Jika dibuka lewat Android maka kita akan otomatis diarahkan ke halaman buat akun Google baru.

4. Lanjut pada langkah mendaftar Gmail yang berikutnya di halaman "Tambahkan Akun Google" :

buat akun gmail lewat hp
  • Pilih Baru

5. Setelah itu isikan Nama Anda dengan data pribadi untuk email baru

cara buat email baru
  • Pada kolom nama depan isikan dengan nama depan asli
  • Di kolom nama belakang isikan nama belakang asli
  • Lalu sentuh tombol BERIKUTNYA menyerupai pola yang saya lingkari

6. Pada langkah ini sahabat diharuskan Pilih nama pengguna yang disarankan namun mampu di tulis sendiri tanpa spasi. Lihat tipsnya bagaimana untuk mengisi nama pengguna...!

langkah membuat email di gmail

Tips : Apabila sahabat memasukkan nama email, tapi alamat Gmail gagal di buat ketika mendaftar (nama pengguna tidak tersedia). Masukan kombinasi angka dibagian belakang atau misal abjad vocal diganti dengan angka semoga mudah diingat ex: rudiarm4@gmail.com

  • Kalau sudah sentuh tombol BERIKUTNYA / perhatikan gambar yang dilingkari

7. Silahkan tunggu system Google akan Memeriksa ketersediaan

8. Setelah tersedia silahkan Buat sandi

  • Usahakan kata sandi yang di masukkan berstatus kuat (kombinasi huruf, simbol atau angka namun masih tetap mampu dibaca dan semoga tidak lupa sandi Gmail nantinya)
  • Lalu sentuh tombol BERIKUTNYA
tidak mampu membuat akun gmail

9. Siapkan opsi pemulihan pada tahap ini yaitu hal yang sangat penting untuk mengatasi akun Gmail ketika lupa sandi dan untuk keamanan akun

bikin akun gres google
  • Masukkan no hp aktif sobat, atau yang ketika ini digunakan
  • Isikan alamat email pemulihan akun : isi dengan email lain yang dapat terus diakses. Boleh Yahoo mail yang sudah dibuat sebelumnya dan jangan sekali-kali mengisi dengan email utama. Ini berfungsi untuk menyetel ulang sandi email ketika lupa. Namun mampu saja dilewati pada proses ini alasannya yaitu langkah ini tidak wajib dapat di setel belakangan caranya ditautan edit opsi pemulihan akun Google.
10. Layanan Google
  • Uncek ( hilangkan tanda cek) “ Selalu kabarkan isu dan penawaran terbaru dari Google Play “ jikalau berminat boleh di centang.
11. Tuntaskan Akun halaman ini yaitu Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google
buat alamat google
  • Pada langkah mendaftar email gres yang ini pilih Saya setuju

12. Google akan mengirim SMS arahan verifikasi biasanya ada 6 digit angka.
  • Masukkan arahan lalu sentuh tombol Verifikasi dan akun Gmail gres siap digunakan untuk membuat akun Google Play Store, Google Drive dll. 

Referensi bacaan : Bagaimana cara mengelola, setelah membuat email gres di HP Android Xiaomi ?

Tips Agar Berhasil Mendaftar Email Baru di Android, sebaiknya :


  • Gunakan koneksi internet yang stabil tidak harus menerima sinyal 4G saja namun hanya dengan sinyal 3G atau Edge pun mampu menyerupai gambar di atas, asalkan jaringan pada ponsel tidak putus-putus.
  • Penulisan alamat email atau nama pengguna semoga tersedia gunakan kombinasi tgl lahir, angka kesukaan, nomor rumah, dll.
  • Gunakan nomor telepon yang belum dipakai untuk daftar Gmail lain tapi jikalau masih mampu digunakan verifikasi tidak jadi masalah.

Sekian cara daftar email Gmail via hp yang saya buat menggunakan Xiaomi Redmi Note 4G. Tapi pada dasarnya langkah daftar email di Gmail ini sama saja, yang membedakan hanya tampilan pada tahap awal di Pengaturan Telepon.

Bisa di sesuaikan saja dengan perangkat Android merk lain toh masih satu keluarga ber-OS Android kan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Membuat Akun Online - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger